Rabu, 17 Mei 2017

NICE HOMEWORK #1-ELINA DEVIANA

đź“šNICE HOMEWORK #1đź“š
MATRIKULAS IIP BATCH#4

ADAB MENUNTUT ILMU

Alhamdulillah akhirnya bisa ikut belajar di kelas matrikulasi IIP. Alhamdulillah juga akhirnya blog saya jaman kuliah beberapa taun lalu dibuka lagi untuk ngerjain tugas di kelas matrikulasi. Mau ngerjain di Google docs, apa daya aplikasinya ga bisa di buka di hp. Jadi, kita berdayakan lagi aja blog yang dah lama tidur ini. Hihi..

Dalam materi "ADAB MENUNTUT ILMU" kali ini, NHW nya adalah: 
1. Tentukan satu jurusan ilmu yang akan anda tekuni di universitas kehidupan ini.

Sepertinya ini pertanyaan yang pas buat saya yang sering dan mudah beralih fokus. Ada banyak sekali jurusan ilmu yang rasanya ingin saya tekuni. Terutama setelah menikah dan punya anak. Ilmu parenting, manajemen rumah tangga, manajemen emosi, manajemen waktu, cooking, financial planning, homeschooling, psikologi anak dan banyak hal lain. Selama ini saya berusaha untuk mempelajari semua hal dari berbagai sumber, tapi jadinya tidak fokus dan ujung-ujungnya ilmu yang didapat setengah-setengah. Emang harusnya mah tentukan mana dulu yang jadi prioritas dan paling dibutuhkan saat ini untpuk kemudian benar-benar ditekuni. Alhamdulillah disadarkan lewat NHW#1 ini. Setelah merenung dan mempertimbangkan dari segala aspek (cieee..gaya) selama beberapa hari ini, jurusan ilmu yang ingin saya tekuni saat ini adalah ilmu "Manajemen Waktu". How to manage your time?. Ya, manajemen waktu yang baik yang sangat saya butuhkan saat ini. 

2.Alasan terkuat apa yang anda miliki sehingga ingin menekuni ilmu tersebut.

Saya menyadari bahwa diri saya bukan hanya milik saya sendiri. Saya adalah makhluk Allah yang wajib taat dan beribadah pada-Nya, saya adalah seorang istri, seorang anak, ibu bagi anak-anak saya, seorang pegawai, juga sebagai makhluk sosial yang masih perlu bersosialisasi dengan orang lain. Saya ingin hidup saya yang singkat ini bisa berjalan seimbang. Saya ingin menjalankan kewajiban-kewajiban saya dan memenuhi hak-hak orang lain dengan adil. Tapi, saya sering kewalahan mengatur waktu saya. Di waktu senggang saya sering bingung mau melakukan apa, dan sebaliknya saat sibuk dan banyak hal harus dikerjakan, saya terkesan terburu-buru, tidak fokus hingga hasil pekerjaan jadi tidak maksimal. Saya sadar bahwa kesalahan saya adalah pada manajemen waktu yang buruk. Sehingga saya ingin belajar bagaimana caranya mengatur waktu dengan baik agar semua peran yang harus saya jalani di muka bumi ini bisa berjalan dengan baik.

3. Bagaimana strategi menuntut ilmu yang akan anda rencanakan di bidang tersebut?
  • Saya akan membuka diri, membuka pikiran untuk semua jalan ilmu yang tersedia. 
  • Saya akan belajar dan mengambil manfaat dari berbagai sumber ilmu terpercaya yang tersedia.
  • Membeli, membaca, memahami dan mengaplikasikan ilmu manajemen waktu dari buku-buku.
  • Mengikuti kuliah-kuliah online tentang manajemen waktu.
  • Memperbanyak bertanya dan sharing dengan orang yang lebih berpengalaman dalam hal mengatur waktu.
4. Berkaitan dengan adab menuntut ilmu, perubahan sikap apa saja yang anda perbaiki dalam proses mencari ilmu tersebut?

Sesuai pertanyaan yang saya ajukan pada saat sesi diskusi, dan saya benar-benar merasa tertampar-tampar dengan jawaban fasilitator. Saya menyadari dua hal, bahwa  selama ini saya belum ikhlas dalam menuntut ilmu dan niat saya dalam menuntut ilmu masih belum benar (setelah saya pikir-pikir, kadang malah saya tidak tau, apa sebenarnya niat dan tujuan saya mencari suatu ilmu tertentu, seringnya malah ikut-ikutan trend aja, parah ya?). Astaghfirullah, Allah sadarkan saya lebih awal melalui jalan ini.

Jadi, mulai saat ini, saya akan mulai memperbaiki sikap dan adab saya dalam menuntut ilmu.
Pertama, saya akan memperbaiki niat saya terlebih dahulu. Setiap ilmu yang akan saya pelajari, saya niatkan untuk memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, menambah keilmuan yang akan memberi manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.
Lalu, berusaha selalu ikhlas, baik dalam proses mencari ilmu maupun dalam pelaksanaan dan pengamalan ilmu. Ikhlas semata-mata untuk meraih ridha Allah dalam menuntut ilmu. Saya juga berusaha menghilangkan sikap sombong, tinggi hati, merasa sok tau saat menuntut ilmu.

Semoga dengan manajemen waktu yang baik, saya bisa menjadi pribadi yang lebih baik juga dan bisa menjalankan semua peran saya secara seimbang. Aamiin.

*Menuntut ilmu adalah salah satu cara meningkatkan kemuliaan hidup kita, maka carilah dengan cara-cara yang mulia*

Salam Ibu Profesional,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar